Berita terkini

UPACARA MEMPERINGATI SUMPAH PEMUDA KE-91

Padang Panjang, Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda Ke-91 di Pengadilan Negeri Padang Panjang dilaksankan degan khidmat, yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Padang Panjang Bapak Muhammad Fauzan Haryadi, S.H., M.H. Upacara ini diikuti oleh seluruh Bapak/ibu Hakim, aparatus Sipil negara serta Tenaga Kontrak.
Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". berikut ini adalah bunyi keputusan kongres, sebagaimana tercantum dalam prasasti di dinding museum Sumpah Pemuda:
Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia
Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia
Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia, mendjoenjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia 

 

 

 

 

UPACARA KESAKTIAN PANCASILA TAHUN 2019

 

Padang Panjang, Peringatan hari kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2019 mengambil tema " Pancasila sebagai dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia". Pengadilan Negeri Padang Panjang telah melaksanakan upacara hari kesaktian Pancasila yang diikuti seluruh Hakim, Pegawai dan Honorer serta Mahasiswa Magang Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, Wakil Ketua Muhammad Fauzan haryadi, S.H., M.H menjadi Inspektur Upacara

 

 

Pelantikan Anggota DPRD Padang Panjang Periode 2019-2024

20 Anggota DPRD Padang Panjang Dilantik, Pucuk Pimpinan Beralih dari Golkar ke PAN

Pengucapan sumpah dan Janji Jabatan  anggota DPRD yang di pandu oleh Ketua PN Padang Panjang Bapak Supardi, S.H., M.H. 

PADANG PANJANG. Ketua Pengadilan Negeri Padang Panjang Bapak Supardi, S.H., M.H Melantik anggota DPRD Padang Panjang periode 2019-2024, berdasarkan Keputusan Gubernur Sumbar Nomor 171-582-2019 sebanyak 20 anggota DPRD Padang Panjang dalam Rapat Paripurna.  

ERATERANG-ELEKTRONIK SURAT KETERANGAN

Ingin membuat permohonan Surat Keterangan dari Pengadilan Negeri namun tidak tahu harus kemana? Merasa takut dipersulit dan tidak tahu apa saja kelengkapan yang diperlukan dalam memohon Surat Keterangan?
Kini anda bisa menggunakan ERATERANG. Apa itu ERATERANG?

ERATERANG / Surat Keterangan Elektronik adalah produk terbaru dari DIRJEN Badan Peradilan Umum, dan berlaku di semua Pengadilan Negeri / Tingkat Pertama di seluruh Indonesia. ERATERANG adalah layanan Permohonan Surat keterangan secara Elektronik yang dapat diakses oleh pemohon dimanapun ia berada (selama ada akses internet via HP/Gawai dan Komputer/PC).

Jenis Surat keterangan yang bisa dilayani via ERATERANG:

  • Surat Keterangan Tidak Sedang Dinyatakan Pailit
  • Surat Keterangan Tidak Pernah Sebagai Terpidana
  • Surat Keterangan Tidak Sedang Dicabut Hak Pilihnya
  • Surat Keterangan diPidana karena Kealpaan Ringan atau Alasan Politik
  • Surat Keterangan Tidak memiliki tanggungan Utang Secara Perorangan dan/atau Secara Badan Hukum yang menjadi Tanggung Jawabnya yang Merugikan Keuangan Negara

Tahapan Permohonan ERATERANG :

Tahapan Permohonan ERATERANG

Apa yang harus saya persiapkan?

Anda cukup mempersiapkan Identitas diri (KTP/SIM), SKCK terbaru, Pas Photo / Scan Foto / Foto yang diambil melalui smartphone anda. Selanjutnya anda tinggal membuka situs ERATERANG dan mengunggah semua persyaratan tersebut melalui aplikasi yang tersedia. Setelah proses pendaftaran dan semua persyaratan selesai diunggah di website eraterang, maka Surat Keterangan bisa anda ambil di kantor Pengadilan Negeri Padang Panjang.

Masih merasa perlu informasi lebih lanjut mengenai ERATERANG? Silahkan kunjungi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Negeri Padang Panjang

alamat SITUS WEB ERATERANG :

 

https://eraterang.badilum.mahkamahagung.go.id